[Repost] [Ulasan Doujinshi] Kimi To Me Wo Samasu Hanashi – Konoha X Ene

Tulisan ini merupakan repost (post ulang) dari post saya sendiri di my.JOI tanggal 17 Juli 2014.   10363687_10203870108942887_120975327836790250_n Jujur, saya merupakan salah satu orang yang kecewa akan nihilnya interaksi Konoha dan Ene di Mekakucity Actors. Syukurnya, di saat saya kecewa begini, saya ingat ada satu doujinshi yang pernah saya beli karena kalap (meski harganya tidak manusiawi, meraup total sekitar 500k rupiah.), dan dengan itu, saya memutuskan untuk menulis review soal doujinshi satu ini. Audiens bersorak (NGGAK)

Kimi to Me wo Samasu Hanashi‘ (Terj. Kisah Membuka Mata Bersamamu) adalah sebuah fan-anthology dari Kagerou Project, karya sejumlah fan-artist Pixiv yang mungkin sudah dikenal baik akan fanart mereka dalam seri KagePro sendiri. Biar saya sebut beberapa nama tersebut; Akita (あき太) dari circle Akitaranai selaku penggagas dan manager dari Anthology ini, Mochineko (もちねこ), cyawa, kzn, Shuutane (朱種), dan untuk selengkapnya kalian bisa cek di page berikut ini.

Kalau anda belum bisa menebak tema anthology ini dari judul maupun cover, anthology ini terpusat pada hubungan antar karakter Kokonose Haruka dan Enomoto Takane, namun terutamanya adalah diri mereka sebagai Konoha dan Ene. Jika bingung kenapa karena anda cuma menonton Mekakucity dan mereka tidak berinteraksi langsung, anda mungkin perlu membaca novel Kagerou Days, karena kebanyakan interaksi mereka ada di sana.

Oke, dimana saya tadi. Ah iya, review doujinshi ini sendiri. Pertama, saya ingin membahas kekaguman saya pada hasil cetak doujinshi ini sendiri. Benar-benar bagus kualitasnya, seperti sebuah buku resmi terbitan penerbit resmi. Covernya dobel, nyaris seperti komik Jepang yang diterbitkan resmi ketimbang doujinshi. Sebagai salah satu anggota/pencetus sebuah circle kreatif, saya sampai mikir ‘nyetak dimana ini, apa perlu gue ke Jepang buat nyetak sebagus ini?!’ Ahem, kembali ke topik.

Bukan cuma cetakannya yang high-quality kok. Semua ilustrasi dan komik yang ada di anthology ini benar-benar terlihat profesional. Bahkan kzn, salah satu fanartist KagePro yang biasanya style komiknya yang simple dan sketchy, benar-benar membuat karyanya lebih berkesan manga di sini. Kedua, saya ingin membahas ilustrasi dan komik-komik yang ada di sana sendiri.

Berhubung ini anthology, tiap komik berbeda-beda dengan dikarang oleh pengarang yang berbeda. Sesuai yang saya bilang sebelumnya, kualitasnya benar-benar bagus. Ceritanya juga beragam, ada yang galau parah, ada yang komedik, dan gabungan keduanya.

10410344_10204306520732909_2058626186599724161_n

Kepolosan Konoha membuat Ene ngetsun. Karya Otomura.

Salah satu favorit saya adalah ‘Romantic ni Television’ karya Otomura, mengisahkan soal Konoha yang ingin nyoba beromantis ria dengan Ene dan menciumnya lewat layar televisi, namun hasilnya malah televisinya meledak.

10432472_10204306520452902_4798559952920966754_n

Haruka, terlalu dekat, hei! Mesra-mesraan jangan di kelas! Oh iya, ini karya 久保, yang sekarang di pixiv ganti nama jadi ‘Ku’

Bagi yang berharap HaruTaka disini, alias pasangan ini sebagai diri mereka yang lalu Haruka dan Takane— sayang sekali, cuma ada satu komik yang benar-benar membahas mereka sebagai Haruka dan Takane. Namun banyak sekali cerita tentang Ene mengenang Haruka, dan kurasa itu sudah cukup. Toh, Konoha dan Ene memang menjadi fokus di sini.

Overall, doujinshi ini kuberi rating 10/10 untuk kualitas, dan 9/10 untuk isi. 9/10 itu juga karena saya berharap ada lebih banyak HaruTaka di sini 😛

Intinya.. anda kecewa akan kekurangan KonoEne di Mekakucity Actors? Butuh lebih banyak kemesraan konyol antar seorang gadis cyber dan seorang pemuda ling lung yang tidak jelas dari mana? Punya duit untuk dibelikan doujinshi yang ‘agak‘ mahal? Jika jawaban anda ‘Ya’….Doujinshi ini benar-benar pantas dan worth untuk dibeli dengan uang anda.

Bingung mau beli di mana, coba cari jasa proxy, karena doujinshi ini ada di Toranoana, namun jika malas cari proxy langsung saja coba beli di Otakurepublic meski harga shippingnya biasanya jauh lebih naik. Atau mungkin, kamu bisa kirim pertanyaan di website antologi ini, untung-untung dapat kontak pengarangnya dan kamu bisa beli langsung dari managernya 😛

One thought on “[Repost] [Ulasan Doujinshi] Kimi To Me Wo Samasu Hanashi – Konoha X Ene

Leave a Reply

